Mengenai Saya

WA: 082124760048

Rabu, 01 Oktober 2014

Ng-inbreed lagi aahhhh…..



Sekian tahun akhirnya mulai ketahuan pasangan pacek-induk yang hasil anakannya punya kualitas, tinggal nerusin sambil berangan-angan ada waktu untuk membuat kurungan untuk anakan. Bayangan bikin 3 tingkat 2 kolom khusus untuk anakan sampai umur 3 bulanan, dilengkapi dengan tambahan khusus agar ayam-ayam kecil itu nantinya tetap terpaksa fitness meski di dalam kurungan, tinggal eksekusinya entah kapan…..
Hasil anakan yang menurut saya berkualitas ukurannya tidak terlalu besar, pengennya sih bisa lebih besar sedikit saja, megangnya mantep! Karena secara pribadi saya suka dengan ayam yang gagah & besar. 
Di kandang ada 1 jantan gratisan, entah birma murni entah sudah cross BK, entah kenapa pengin juga bikin anakan birma meskipun saya tau nantinya bakal muncul ukuran kecil-kecil. Kebetulan saat masih coba-coba saat awal dulu ada anakan betina yang mungil, dekil, kusam, wajahnya agak kehitaman, kaki hitam, kuku hitam, bulu hitam, mata juga gak bersih, jeleeekk…… banget deh tampilannya. Ada sih yang agak cakepan, bulu kelabu, kaki hijau hitam, mata lumayan bersih, badan juga kecil, tapi masih bawa anak jadi belum mau di kawinkan. Ya udah….pake yang hitam dekil itu saja akhirnya.
Sempat heran juga dengan si hitam dekil ini, ayam cuma kecil segitu tapi bisa bertelur lebih dari 10 butir. Kok tahu? Karena si hitam dekil ini sudah bertelur duluan saat belum dijadikan sekurungan dengan pejantan, wido, bapaknya si dekil hitam. Nah setelah jadi satu kurungan nelor lagi, kirain cuma 8 trus ngeram, nggak tahunya saat turun makan ada 10 butir di eramannya.
Saat tiba waktunya menetas hanya ada 5 telor yang isi, dan salah satunya tidak mampu memecah cangkang telur, ya udah… wasalam, sekarang jadi pupuk pohon pepaya. Memang sih harus siap dengan kondisi anakan inbreed yang lemah. Tapi saat lihat telurnya mulai menetas jadi seneng juga karena ada satu yang berwarna coklat, padahal pacek & induk warna hitam, dan ada satu simbar, kakinya tumbuh bulu. Cuma ya nggak tahu nanti dewasanya akan seperti apa. Tunggu ajah sampai calon-calon induk ini dewasa.

Tidak ada komentar: