Mengenai Saya

WA: 082124760048

Senin, 13 Mei 2013

Lebih Dekat: (2) Babon Gundul


Setelah memperoleh babon blorok terpikir untuk mempunyai ayam dari jenis yang berbeda. Saat melihat-lihat forum jual beli di Papaji kebetulan ada yang menawarkan jenis Saigon gundul dengan harga yang masih terjangkau kantong. Cek dulu latar belakang penjual, ternyata track recordnya bagus. Kontak dengan penjual dan deal. Tidak sampai 2 hari sampai juga kiriman seekor betina gundul & seekor jantan gondrong, umur masih sekitar 4,5 bulan.


Sampai saat ini betina gundul belum memiliki keturunan, memang pernah bertelur satu kali tapi entah kenapa babon ini suka sekali memakan telurnya sendiri sehingga tidak ada satu pun telurnya yang bisa ditetaskan. Nggak ditunggui terus kalau telurnya keluar diambil saja? Lah kan harus kerja, masuk pagi jam 7 pulang sudah jam 16.30, ya mana sempat nongkrongin ayam bertelur. Selain itu memang keterbatasan tempat yang sampai sekarang belum bisa menambah kapasitas kandang. Sudah pengen rasanya punya anakan ayam gundul, tapi yach…. besok-besoklah kalau kandangnya sudah digedein. Seminggu yang lalu malah ada tetangga yang pengen membeli babon gundul ini, tentu saja saya belum mau melepas, susah cari induk betina yang bagus coyyyy……..

update (14/05/2013):
setelah menunggu sekian lama babon gundul akhirnya mau mengeram juga, legaaaa......ha ha ha ...

ada 6 butir telor di tempat eramannya dan itu asli telurnya dia sendiri, yach..... emang telur ceplok mau dieramin he..he..he... pokoknya senang hati ini rasanya, tau kemaren si gundul sudah enggak matokin telur aja udah lega banget. Perkiraan saya hari Jumat besok tanggal 17 Mei, telur si gundul akan menetas, semoga lancar..... doakan ya....

update 22/05/2013:

Alhamdulillah..... akhirnya tanggal 16 Mei 2013 telur-telur si gundul sudah menetas, dari 6 telur ada 2 yang kosong, 4 isi dan menetas tapi ada 1 yang mati, sayangnya justru yang menetas pertama yang tidak bisa bertahan.
Sore hari tanggal 15 Mei saat saya cek ternyata 1 telur sudah menetas tapi entah kenapa tergeletak didepan tempat eraman, kondisi masih bernafas tapi sudah lemas. Segera saya taruh ke tempat eraman lagi, harapan saya dengan terkena panas dari tubuh induknya semoga bisa pulih. Memang rejeki tidaklah kemana, keesokan harinya ada 3 ekor anak ayam berwarna kecoklatan di balik tubuh babon gundul, 2 berbulu gondrong, 1 ekor gundul, dan satu lagi sudah mati, si gundul kecil yang pertama menetas tidak bisa bertahan.





update 19/07/2013:
sudah umur 2 bulan, yang gundul sepertinya betina
                                                                            Jantan 1


                                                                         Jantan 2

                                                                       Betina Gundul

update 19/09/2013:
sudah umur 4 bulan, masih kurus-kurus, bulu belum penuh, apalagi yang betina he...he..he... bulunya gak bakal full.




                                                                            Jantan 1


                                                                         Jantan 2
                                                                       Betina Gundul - sudah mati

update 4/11/2013:
jantan 2 ekor, umur hampir 6 bulan.
Silahkan dilihat di artikel Ready Stock.


Tidak ada komentar: