Mengenai Saya

WA: 082124760048

Senin, 13 Mei 2013

Babon Kelabu



Betina kelabu ini juga masih cucu Kasus. Sebenarnya beberapa cucu Kasus  dipelihara oleh teman-teman si A, salah satunya babon kelabu ini. Beberapa yang lain tidak berhasil bertahan dan harus mati di usia muda karena penyakit. Namun ada juga beberapa anakan jantan yang sudah mulai menunjukkan kualitasnya. Saya tidak ingin mengulang keragu-raguan yang membuat saya sendiri menyesal, dulu ada niat mau mengamankan jago hitam tapi terlanjur dibeli oleh tetangga untuk diadu dan akhirnya mati. Si A bilang babon kelabu ini akan dijual, langsung saja saya bilang saya mau ambil daripada nanti keburu hilang jejaknya. Babon ini badannya tidak terlalu besar, bahkan lebih kecil dari babon blorok, mentalnya saya acungi 2 jempol, tarungnya kok seperti birma. Seperti yang pernah saya bilang, inilah seninya beternak, belum tentu yang kita mau bisa kita dapatkan dan yang belum kita bayangkan bisa saja kita dapatkan. Melihat dari dari pola tarungnya yang mirip, babon kelabu  ini sekarang saya coba jodohkan dengan Jago Wido. Semoga saja mau berjodoh di kurungan yang sempit, habis belum ada tempat lagi yang lebih layak, dan kalaupun nanti punya keturunan sepertinya saya harus siap memelihara ayam-ayam berukuran kecil. Memang keduanya berukuran kecil, mirip bener dengan ayam kampung.


update 26/06/2013:
setelah kurungan diganti dengan yang sedikit lebih besar akhirnya betina kelabu mau bertelur, meski hanya 5 butir, ditempat eraman yang disediakan. Dan 5 hari yang lalu sudah mulai mengeram, perkiraan tanggal menetas sekitar tanggal 13 Juli 2013.

update 15/07/2013:
perkiraan saat menetas ternyata meleset, tanggal 11 Juli 2013 seluruh telur babon kelabu sudah menetas. Dari 5 yang menetas ada 2 yang hitamnya pekat, dengan sedikit aksen di alis, ujung sayap, dagu dan bawah badan. Kaki dan paruhnya dominan hitam, entah besok kalau bertahan sampai dewasa warnanya akan jadi bagaimana, jadi penasaran.....



update 20/09/2013:
Umur sudah 2 bulan lebih dikit, wajahnya kusam & kucel semua karena gak pernah mandi, sudah berani ngeyel, berak di sembarang tempat gak peduli didepan pintu juga diberaki, emang WC umum.... dasar ayam!!



ada 1 kelabu - sepertinya betina- yang belum kena foto, lagi keluyuran entah dimana.


update 4/11/2013:

ditunggui bapake di kandang sebelah, yang jantan ada 2 ekor, umur sekitar 3,5 bulan, masih kurus dan dekil (koyo sing duwe....he..he..).
Dua-duanya punya rawis wido, nyangkut dari bapake.



update 19/12/2013:
sudah umur 5 bulan, tetap aja kecil


update 14/3/14:
video abar kelabu ada di Youtube(untulan vs untulan: AKA 001 vs AKA 003)
wido (AKA 004) sudah umur 8 bulan
badan kecil & tipis, belum diabar

Tidak ada komentar: