Mengenai Saya

WA: 082124760048

Kamis, 27 Juli 2017

Memulai lagi...

Kondisi kandang masih seperti pada foto terakhir, 2 box bawah, 2 box atas, masing-masing sudah ada isinya. Rencana libur hari minggu kemarin mau beli bambu agar bisa segera nyicil lagi tapi ternyata cuma ada bambu sisa dan kondisi kurang bagus. Penjual bilang Senin sore stok datang, wiss... ngalamat mundur lagi...  libur besok coba tengok lagi mudah-mudahan sudah ada stok baru.
Kondisi ternak blorok jantan kena bubul sudah beberapa bulan yang lalu, telapak kaki kiri-kanan diameter bubulnya hampir 2cm, plus ada bekas luka kering di dada selebar 1x1,5cm. Gara-gara pecicilan di kandang saat tempat lama direnovasi karena takut lihat tukang, dan tidak segera diobati. Sudah sekitar sebulan ini disempat-sempatkan bubul diobati pake disalep belerang setiap pagi dan sore. Sudah habis 1 kemasan salep 88 plus 2 kemasan salep gambar bison dan untungnya ada kemajuan, memang gak terlalu drastis tapi terus membaik. Bekas luka di dada juga tinggal kecil, semoga bisa sembuh dalam hitungan minggu.
Pasangan betina hitam (BK) x jantan merah-hitam (Pakhoy-BK-Saigon) sudah bertelur lagi, hanya saja betinanya masih suka makan telur, untung bisa terselamatkan 3 butir, ntar titip ke babon putih.
Pasangan betina putih (BK) x jantan wido (Pakhoy-BK) juga sudah bertelur, untung betina ini tidak terlalu suka makan telur. Sudah ada 6 telur di box-nya dan sudah ada tanda-tanda bentar lagi mengeram. Mudah-mudahan lancar, mau mengeram yang bener sampai menetas di tempat yang sekarang.


Jadwal menunggu: tuku pring, potong, belah trus nyisiki pring meneh....

update 4/8/2017: 

kondisi bubul sekarang, sudah mendingan dibanding sebelum diobati. Ayam sudah pecicilan, tidak terlihat sakit saat berjalan, tapi akibatnya sering bleeding gara-gara telapak kaki nyampluk kandang. Sebelumnya mau gerakin kaki saja malas dan terlihat kesakitan saat bergerak. Segitu lebarnya itu sudah lebih baik dan mendingan daripada sebelumnya, bayangin koyo opo sakdurunge....


ini bekas luka yang ada di bawah telih, tepat di ujung tulang dada. Dulunya  berupa bekas luka yang mengering tapi gak mau lepas. Setelah pake salep belerang, bekas luka keringnya mau lepas, cuma kulitnya belum mau menyatu lagi.


update 7/8/2017: 
hari Minggu pagi kemarin kakinya bleeding lagi karena pecicilan. Ada bagian bubul yang koyak mbuh kecanthel opo. Karena mau segera pergi ya cuma dibersihin sekedarnya trus disalep trus tinggal lungo, sore pun gak sempat nge cek karena pulang sudah hampir gelap. Pagi tadi bekas luka sudah ketutup darah kering, kayaknya ngerasa sakit wong gak banyak pecicilan.
Ada yang reseh di box babon yang mengeram, telur berkurang 1 butir, kecurigaan sih ada tikus cari mati. HPM (hari perkiraan menetas) masih lama jee..... masih 2 minggu dari sekarang. Akhir pekan nanti deh nyanggong, senapan dah lama gak minum darah tikus.



update 28/8/2017: 
beberapa kali ada tetangga yang nanya "udah nambah belum ayamnya?", saya jawab saja "belum berani nambah, tempat belum memungkinkan".
Wajar gak tanya jawab seperti itu? menurut saya wajar sih... tapi... ada tapinya nihh....
Perkataan, pernyataan, pertanyaan seseorang itu menurut saya adalah doa, keinginan yang tidak terasa berasal dari dalam hati. Dan doa sangat mungkin tidak dikabulkan, ditunda dikabulkan, atau mungkin langsung dikabulkan oleh yang Maha Kuasa. Dari beberapa kali pertanyaan tetangga dan jawaban yang saya berikan juga sama seperti diatas, ternyata dikabulkan Sing Gawe Urip.
Babon putih sekandang dengan jago, kalau jagonya normal bisa giring gak? pasti giring ya..., kawin gituh... kalo dah kawin berkali-kali kemungkinan telurnya nanti bisa menetas prosentasenya besar gak? di atas 50% bisa kan ya... Sekarang kalau dah seperti itu, trus jago dipisah saat betina memasuki fase masa bertelur hampir selesai dan akan memasuki fase mengeram, prosentase telur akan menetas masih tetap bisa di atas 50% masih masuk logika kan... Masa mengeram lancar, tidak ada gangguan dari ayam lain karena ada di box tersendiri, gangguan tikus saya rasa tidak banyak berpengaruh, tetap mungkin prosentase menetasnya lebih dari 50% kan ya... Dulu saat masih kebon gangguannya lebih parah, tikus wirog! tetap saja masih banyak yang menetas. Bahkan saat mulai terkena aratan masih ada yang mengeram 8 butir di seng plastik tatakan kotoran bisa menetas semua meski akhirnya mati semua setelah berumur seminggu.
Nah... ini kejadian bener, babon putih mengerami 10 telur, dari mulai masuk bulan Agustus sampai tanggal 27 Agustus kemarin, gak ada yang menetas satupun. Ketika telur yang gak menetas itu saya rebus kondisinya normal seperti telur yang tidak pernah dierami namun tersimpan lama.
Kalo dah kaya gitu:
pikiren dewe.... nganggo ati....


update 27/2/2019: 
akhirnya jago blorok pindah kurungan ke wajan karena kondisi semakin memburuk, sudah tidak bisa berdiri tegak lagi. Setelah disembelih baru ketahuan kalo bubul di salah satu kakinya sudah tembus masuk lapisan kulit hingga ke jaringan otot kaki. Pantes ra mari-mari.... bye-bye blorok....

Tidak ada komentar: