Mengenai Saya

WA: 082124760048

Senin, 02 Januari 2017

Selamat Menempuh Hidup Baru di Tahun 2017



Sudah pada puas merayakan tahun baru 2017 ya..... Sudah pada puas liburan akhir tahun ya.... sudah pada puas ngabisin bonus akhir tahun ya..... ha..ha..ha... duit habis bikin pusing ya.... ha..ha..ha.... Roda kehidupan memang berjalan terus, memang ada saat kita di atas, tapi ada saatnya pula kita harus jatuh ke bawah. Nikmati saja hidup ini, kalo kita anggap hidup ini susah pasti deh, SUERRR, Yang Maha Kuasa akan membuat hidupmu beneran susah, camkan itu! Tapi bila hidup ini kita nikmati dengan hati lapang, sabar, dan yang paling penting: IKHLAS, woww..... hidupmu akan sangat sangat sangaaaaaatttt nikmat. Makan ubi goreng berdua dengan istri pun akan terasa nyessss di hati. Gak percaya? Jalani hidup ini dengan betul-betul ikhlas baru akan bisa merasakannya. Jalani hidup ini seikhlas saat membersihkan kotoran ayam di kandangnya sendiri-sendiri. Jalani hidup ini seikhlas memandikan ayam kesayangannya sendiri-sendiri. Jalani hidup ini seikhlas mengeluarkan uang untuk beli beras merah untuk ayam kesayangannya sendiri-sendiri. Hmmmm.....indahnya hidup ini.....
He...he....he....awal tahun malah ngelantur.... Asalkan yang mbaca ikhlas ya... ha..ha..ha...
Menjelang akhir tahun 2016 kemarin banyak keinginan dan realisasi yang belum seirama. Saat ini ayam peliharaan saya tinggal 6 jantan dan 5 betina, sudah cukup umur untuk dikembangbiakkan, namun kendala tempat belum teratasi. Tempat yang saya pakai untuk kandang saat ini mulai direnovasi oleh kakak, jadi ayam saya ungsikan ke rumah saya sendiri meskipun tempatnya belum siap. Kurungan pertama lancar keluar menuju halaman belakang, kurungan kedua gak cukup melewati pintu, kurungan ketiga bernasib sama. Mau dibongkar dulu trus dirakit lagi sudah gak ada waktu, akhirnya kurungan ditaruh di dalam rumah, resikonya jadi bau kotoran ayam. Tapi gak apalah, rumah juga masih belum ditempati. Sementara setiap pasang ayam menempati kandang kecil, telor pada pecah jadi resiko, mau ditetaskan juga belum memungkinkan.
Awal bulan Oktober, bersaing dengan hujan, peletakan batu pertama untuk calon kandang pun dimulai, mumpung masih ada semen, pasir, dan batu-bata sisa membangun rumah yang punya ayam. Syukurlah November awal pembuatan pondasi kandang bisa selesai dan niatnya lanjut untuk bikin kandang bambunya. Segera beli bambu, ukur sana, ukur sini, potong, masih kepanjangan , potong lagi, sial !! malah kependekan. Yowis ambil yang lain, ukur lagi, potong, pas, ambil kawat, ikat, dicoba, baru dipaku.  Jadilah satu sisi rangka kandang, dan hanya sampai itu yang selesai sampai saat ini. Gak penting banget ya ?!
Mau bagaimana lagi, kesempatan ngerjain cuma di hari libur, padahal belum tentu bisa ngerjain full selama libur. Kebetulan juga dapat panggilan kewajiban mengikuti pelatihan di akhir November, lamanya 9 hari, tempat di Semarang, mantap kan.... Minggu berangkat, Senin sampai Jumat penyampaian materi, Sabtu-Minggu bebas, Senin ujian, Selasa penutupan trus pulang. Enak kan jadwalnya? Tapi namanya pelatihan kan semuanya dijadwal, pagi habis subuh olahraga, ada apel/upacara makan pagi, ada apel pagi, masuk kelas, habis maghrib ada apel makan malam, trus apel malam. Acaranya kayak gitu terus sampai selesai pelatihan. Sampai hari jumat selesai materi lancar jaya, cuma badan sudah terasa gak enak. Makan malamnya dapat nasi dus, karena lapar ya sikat saja tanpa prasangka apa-apa. Gak disangka menjelang tengah malam perut terasa mual, akhirnya makan malam tadi ditolak perut dan diterima oleh tas kresek. Selidik punya selidik ternyata yang makan nasi dus kebanyakan mengalami hal yang sama, dan minimal mual dan pusing, wis...gak beres ini... Dan setelah kejadian itu badan terasa makin gak enak, panas terasa naik, dan gak doyan makan, mana jauh dari rumah, dan ujian menunggu di hari Senin, komplit dah! Hari bebas Sabtu-Minggu saya nikmati dengan belajar materi di tempat tidur, badan panas, gak doyan nasi, untungnya sempat beli pisang, dan itu yang jadi makanan selama dua hari itu.
Senin pagi saat apel badan masih belum fit dan masih panas tapi saya paksakan ikut apel, dalam hati sih semoga gak lama, dan segera bisa sarapan, lemes badan ini bro... Nasib gak bisa ditolak, mendekati akhir apel kepala ini berkunang-kunang, telinga agak berdenging, lutut bergetar, waduuhh...gawat nih! Coba membungkuk sebentar agar dada sejajar dengan otak. Pffuuhhh.... lumayan... Gak sampai 3 menit telinga berdenging lagi, lutut lemes lagi, aduhhhh.....membungkuk lagi sebentar, aman.... sampai 3 kali saya mesti membungkuk agar tidak terjadi sesuatu yang menghebohkan karena saya yakin sekali kurang sedikit lagi saya pasti akan pingsan. Untung apel segera selesai dan sarapan. Minum teh panas, makan dipaksakan meskipun hanya sedikit, mampu membuat badan ini segar lagi. Akhirnya bisa ikut ujian meskipun kondisi badan masih gak karuan, syukurlah hasilnya lolos. Hari yang dinanti pun tiba, setelah upacara penutupan akhirnya pulang ke Jogja, lega....meski badan masih gak karuan.
Keesokan harinya pamit gak ngantor untuk periksa ke dokter, cek darah dan cek urine, takutnya sakit saya yang dulu kambuh lagi. Untunglah dari hasil laborat diketahui ginjal & hati aman, dan diketahui positif typhus, alhamdulillah... Gagal total rencana ngebut bikin kandang. Seminggu gak ngantor, gak perlu opname, istirahat total dirumah karena nafsu makan sudah pulih.
Masuk kantor lagi sudah bulan Desember, tahu sendiri akhir tahun kerjaan kayak apa. Mau gimana lagi, yang lain lembur sampai malam, saya hanya sampai maghrib, daripada badan ini terkapar lagi lah... Minggu berikutnya baru berani lembur sampai malam sama dengan yang lain.
Jadi....sekarang ini baru mulai lagi nerusin bikin kandang, baru mulai lagi motongin bambu, siap-siap lagi beli kawat, paku, dan seng plastik. Pelan-pelan yang penting jalan, yang pasti nantinya kandang hanya seuprit, kalo dulu 130 m persegi full untuk ayam maka sekarang tinggal 3,5 m x 2 m saja, sisanya dinggo sik duwe he..he...he... gantian yo tik.. pitik... cukup 4 box di atas dan di bawah ditambah 2 blok 1,8 x 1 m untuk ceker-ceker, entahlah nanti kalo sudah tambah anakan mau ditaruh dimana, mbuh di pikir  keri wae.
Sekarang, nunggu hari libur......


update 6/2/2017:
bisa nyicil ngerjain lagi, sekarang bambunya sudah gak kehujanan, sithik-sithik rak yo rampung, mbuh pirang sasi meneh....


update 15/6/2017:
Sekian bulan berjalan sampai ketemu bulan Ramadhan 1438 H banyak hal terjadi. Betina malah mati satu, sekarang tinggal 4 ekor. Trus beberapa hari yang lalu jantan saudara setetasan malah sparing gara-gara pintu kandang ada yang kebuka, entah apa sebabnya, untung gak luka parah, cuma luka biasa plus jalu copot satu.

Di bulan Ramadhan ini jam kantor dikurangi, jadi bisa pulang cepat dan dimanfaatkan untuk ngerjain kandang. Sekarang tinggal masukin pasir untuk alas & beli seng plastik untuk tempat kotoran kurungan atas, mungkin beberapa hari lagi ada blok sebelah kiri (ada potongan seng di foto atas) yang sudah bisa dipakai. Pokoke walaupun sedikit tetap harus ada progress.


update 22/6/2017:
Akhirnya kandang bisa dipakai meskipun baru 2 blok bawah. Yang atas sengaja belum dipakai karena memang belum beli seng plastik untuk tatakan kotoran ayam, kapan-kapan aja kalo sempat. Kan tanggal 23 Juni besok sudah libur lebaran, anak-anak sudah merengek minta dibuatin lampion. Gak mau dibeliin katanya nanti saat malam takbiran yang bawa lampion hasil beli gak dikasih hadiah, ya.... namanya anak-anak. Belum lagi seminggu terakhir ini kejar target laporan harus selesai bulan ini juga, hadeehhhh.... serasa akhir tahun saja. Untunglah bisa kekejar nih laporan, jadi nanti libur dah gak kepikiran kerjaan lagi. Entar kepikirannya malah kapan lagi lanjut bikin kandangnya he..he...
Selamat libur lebaran....
Selamat Idul Fitri 1438 H, taqobalallahu minna wa minkum, minnal wa minkum taqobbal ya karim




update 21/3/2018:

Tampilan kandang sudah berubah, tinggal pasang penutup blok kiri, penutupnya pun hampir selesai. Di depan blok kiri ada pohon pisang sudah berbuah dan pas nangkring di seng plastik kalo nggak di ganjal. Ntar lihat-lihat dulu kalo bisa diakali pasang penutup tapi tetap diganjal atau terpaksa nunggu pisangnya matang.
















Tidak ada komentar: