Mengenai Saya

WA: 082124760048

Senin, 01 April 2013

Babon cucu Kasus



Untuk mendekatkan kembali gen kasus maka saya memelihara 2 betina cucu kasus. Silsilah pastinya saya kurang ingat betul, namun tampilannya malah seperti babon Bangkok padahal teman saya A sangat yakin babon 2 betina ini punya darah mayoritas ayam Saigon/Vietnam. Y a begitulah misteri breeding, kadang ciri-ciri dominan pacek dan induk turun seluruhnya ke anak, kadang ciri dominan sama sekali tidak terlihat ke anak namun justru ciri kakek/neneknya keluar dominan. Hal-hal seperti inilah yang membuat saya, dan pasti banyak breeder lainnya, semakin penasaran dengan breeding yang dilakukan. Teman saya A menyatakan keheranannya saat melihat 2 betina ini, pertama yang saya sebut diatas tadi tampilannya seperti babon Bangkok, yang kedua pertumbuhan yang berbeda dengan saudara setetasan yang lain. Si A ini memelihara 1 jantan setetasan di rumahnya, jantan muda ini tubuhnya masih lebih kecil daripada 2 betina tersebut. Bahkan dengan jantan muda ciker milik saya pun masih lebih besar si ciker, padahal umurnya lebih tua jantan mudanya si A. Dari kejadian ini saya bisa mengambil kesimpulan bahwa pakan memang sangat besar pengaruhnya bagi pertumbuhan, apalagi saat ayam masih muda, kita juga harus bisa mensiasati pemberian pakan sehingga si anak ayam dapat tumbuh maksimal.
Saat ini 2 betina tersebut berumur sekitar 6 bulan, sebentar lagi sudah masuk usia bertelor padahal kandang untuk mereka masih belum siap. Sebenarnya bukan mau melihat anakannya tapi sayang saja kalau telurnya cuma masuk penggorengan, mending anaknya saja nanti yang masuk pengorengan atau dijual sebagai pedaging. Dari pengalaman breeder senior banyak yang membuktikan bahwa jago dari induk /pacek yang masih terlalu muda kualitasnya masih kurang baik. Maka 2 betina ini belum akan saya ambil anakannya sebelum periode bertelor yang ketiga, atau minimal 2 betina ini berumur 10 bulan baru akan saya ambil anakannya. Yang jelas 2 betina ini pada saatnya nanti akan dikawinkan dengan Olan.


Babon cucu Kasus yang nangkring dan yang disebelah kiri.

update: 
salah satu dari babon cucu kasus ternyata sudah mulai bertelor, tadi pagi (4 /5/2013) dikurungan mereka ada sebutir telor

Tidak ada komentar: