Mengenai Saya

WA: 082124760048

Senin, 01 April 2013

Welcome my baby…



Kurang lebih 1,5 bulan yang lalu jago-1 dan babon blorok pindah rumah ke kebun, satu kandang cuma berdua, bulan madu terus pokoknya… he..he..he…. Syukurlah babon blorok mau bertelur di tempat yang disediakan, telornya aman tidak ada yang dipatuki. Sampai selesai periode bertelor ada 7 butir, tinggal sisanya saja tuh karena sudah beberapa kali bertelor saat masih di kandang yang di rumah. Namun apalah daya kita berusaha namun tetap saja Yang Kuasa yang menentukan, dari 7 telor tadi ternyata hilang satu per satu hingga hanya tersisa 3 butir saja, entah tikus, entah naluri si babon, entahlah, saya juga tidak tahu kejadiannya, tahu-tahu waktu si blorok turun makan cuma  ada 3 telor di sarangnya. Gak apa…. Masih dikasih rejeki juga kan….
Setelah menunggu 3 minggu tibalah saat yang ditunggu, hari Sabtu tanggal 30 Maret  kemarin  telor-telor si blorok sudah menetas. Sebenarnya 3 butir menetas semua tapi hanya 2 ekor yang berlindung di balik badan si blorok, 1 ekor sudah tergeletak tidak bernyawa didepan tempat eraman, syukurlah masih dikasih rejeki 2 ekor, daannnnnnn…….. inilah bayi-bayi kecil itu…..




Si blorok sudah pindah kurungan, dan si gundul sekarang menemani Jo-Son, semoga gundul mau bertelor sampai mengeram, we’ll see…


update:
si kecil yang kepalanya warna putih hanya berumur 1 hari jadi korban tikus,  semoga saudaranya bisa bertahan sampai dewasa.


Update (26/04/2013):
Jenis Vietnam yang saya punya hanya babon gundul dan jo-son, mereka saudara satu tetasan. Agar mendapatkan gen yang lebih menyatu lagi saya coba inbreed mereka. Karena periode bertelur yang sebelumnya selalu dihabiskan olehnya sendiri maka sekarang saya coba pindah si gundul ke kurungan yang ada di kebun. Harapan saya di sana tempatnya lebih lapang dan sesekali bisa saya lepas agar bisa makan daun-daunan. Selain itu juga saya mencoba menerapkan tips dari peternak yang lebih senior agar meletakkan bola pingpong di tempat eraman. Tujuannya agar si babon mematuki bola pingpong yang disangkanya telur sampai dia jenuh sendiri. Alhamdulillah… bisa berhasil, ada lima butir telur di tempat eraman sampai hari ini. Semoga berjalan lancar sampai mengeram dan menetas.

Tidak ada komentar: