Mengenai Saya

WA: 082124760048

Senin, 17 Agustus 2015

Bocah-bocah Mulai Gede

Bulan Agustus 2015 tanpa terasa sudah masuk dipertengahan bulan, berarti 7 bulan telah berlalu di tahun 2015 ini. Anak-anak kecil tetasan akhir Januari lalu juga sudah beranjak dewasa, dan adik-adiknya lagi dari beda induk sudah ada beberapa generasi.

Dari 10 ekor BK-Saigon-Khoy tetasan akhir Januari sekarang tinggal 4 ekor, 2 jantan 2 betina, lainnya 3 jantan dan 2 betina terjual, 1 jantan diopor saat Idul Fitri kemarin. Jantan yang tersisa berwarna wido dan merah bata, keduanya sudah mulai berkokok, namun bulu masih belum utuh, nyali juga belum kelihatan. Mungkin tidak sampai sebulan lagi sudah bisa diabar ringan.

Sementara generasi berikutnya, keturunan BK-Khoy dan BK, menetas di akhir Februari dan awal Maret, beberapa betina sudah masuk penggorengan, sementara jantan masih ada 5 ekor.

Generasi berikutnya lagi, keturunan BK dan BK-Khoy, menetas minggu ke-3 April, ada 2 betina dan 11 jantan. Beberapa ekor yang jantan mesti dipisah kurungan karena mulai tawur, wiss.... habis kurungannya, dah gak ada tempat lagi untuk anakan tanggung, sepertinya bulan depan mesti nambah kurungan lagi nih...

Generasi berikutnya lagi, BK-Khoy, menetas di awal Juni, ada 3 ekor sepertinya jantan semua.

Yang termuda tetasan awal Bulan Juli ada 7 ekor, keturunan BK dan Khoy-BK, hanya saja generasi terakhir ini bermasalah dengan kesehatannya, ada beberapa yang kena cacar, dan ada juga yang matanya bengkak berair. Yah....biar saja... kalau sembuh ya syukur, kalau gak sembuh ya nanti kalau sudah agak gede buat lauk makan.

Sementara di kandang ada beberapa betina yang sudah mengeram, 2 betina BK dengan pacek BK, 1 BK-Khoy dan 1 Khoy-BK dengan pacek BK-Saigon, perkiraan nanti akan menetas di awal September. Semoga saja nanti ada kurungan yang bisa dipakai untuk bayi-bayi yang akan menetas tersebut.
Libur weekend plus libur HUT kemerdekaan kemarin bisa termanfaatkan untuk menumpuk batako sebagai alas pagar kebon yang sudah minta diganti, meskipun belum selesai seluruhnya namun bisa mencapai 70% terpasang, rencana Sabtu besok menyelesaikan yang tinggal sedikit ini. Sementara menunggu Sabtu, jadwal lainnya adalah membelah bambu lagi..... pokoknya jadwalnya masih padaaattt....

Tidak ada komentar: