Mengenai Saya

WA: 082124760048

Selasa, 13 Agustus 2013

Lika-Liku menjaga kandang ayam

Fitrahnya manusia adalah menjadi pemimpin, untuk diri sendiri, keluarga, istri, anak, tetangga, karyawan, dst.nya..... Agar mampu menjadi pemimpin yang baik mau tidak mau harus belajar, dari buku, dari guru, dari teman, dari kursus, dan sebagainya....... dan yang paling bagus, banyak yang bilang: pengalaman adalah guru yang terbaik. Tidak bisa dipungkiri belajar teori tanpa praktek is bullshit. Belajar teori renang tapi gak mau nyemplung ke air juga omong kosong, belajar teori main gitar tapi gak pernah mainin gitar ya tai sapi juga.
Memang harus diakui praktek tanpa teori sama dengan berjalan di kegelapan tanpa alat bantu senter, bisa sampai tujuan tapi lluuaaammmmaaaaaaaaa...... karena hanya bisa berjalan tertatih-tatih, gak bisa cepet.
Yang Maha Kuasa menciptakan alam dan seisinya ini berpasangan agar tercipta keseimbangan. Kalo masih ada manusia yang maksaaaaaa banget untuk menikah sesama jenis yaa... saya hanya bisa bilang elu udah berani nantang Pencipta elu?? 
Teori dan praktek yang dijalankan dengan seimbang akan menimbulkan sinergi yang baik, halllahh....ngomong opo iki..... Bila disejajarkan dan dijalankan bersama keduanya akan saling melengkapi.
Bagusnya memang bila akan melakukan sesuatu ya mestinya belajar teorinya dulu baru praktek, Albert Einstein saja juga belajar teori kan.... ahli fisika loh dab!!
Ngingu pitik pun sebaiknya juga belajar teori. Lah… pitik diculke wae iso gede tur manak okeh, rasah makani wis iso golek pakan dewe o’ ndadak sinau?? Sing disinau ki opo??
Itu kan jaman dulu mas brooo…. Pemukiman belum padat, masih banyak kebun kosong, masih banyak jangkrik, gangsir, cacing dll.
Lah mosok to neng perumahan rep ngingu pitik diumbar?? Dipindah kurungan mbek tanggane kelimpungan too…  Sudah sore ayam yang belinya ratusan ribu tidak juga kelihatan ujung ekornya, kira-kira habis magrib ada tetangga datang bawa mangkok lumayan gede sambil bilang, “mas, ada rejeki nih… bagi-bagi sedikit….”  
“Makasih tante…” bawa masuk , buka tutupnya  ternyata opor ayam, langsung ambil piring, buka rice cooker, ambil nasi, makan besarrrr….. masih nambah lagi he..he..hee… doyan apa lapar ….
Paginya,
“Pagi tante…. Opornya maknyusssss…. Terimakasih ya…. Sering-sering juga mau he..he..hee… ngomong-ngomong tante lihat ayam jago lumayan gede warna hitam disekitar sini nggak? Biasanya tiap sore balik sendiri ke rumah tapi dari kemaren gak pulang, saya cari juga belum ketemu…”
“Sama-sama dek…namanya juga rejeki ya gak apalah bagi-bagi… oohhh…itu ayamnya ya?? Ginnniiiii…. Kemaren sore kan bapaknya anak-anak lagi bersihin senapan angin, diatap ada suara glodek-glodek di atap. Bapak kan udah jengkel banyak tikus, diintip kan gak begitu jelas karena udah sore, ya trus ditembak aja, maaf ya deeeeeeekkkk….”
“Jadiii……ittuuuu…kkkemarenn….oppppooorrr……..”
Dah lanjutin aja sendiri …….
Teori yang bener, praktek yang bener, tapi tetap harus jaga etika, jaga tepa selira dengan tetangga, hubungan sosial tetap harus dipelihara. Seneng melihara ayam silahkan, tapi kebersihan kandang harus selalu dijaga agar baunya tidak kemana-mana. Ini nihh… tantangan buat saya, kiri-kanan calon kandang dah jadi rumah semua, hadeeehhh….bakalan bersih-bersih kotoran tiap sore nih…. Resiko bung, itu yang harus dihadapi saat mengambil sebuah keputusan, dan ingat resiko tidak untuk dipikirkan tapi untuk diatasi dengan perbuatan. Awas…kalau sampai tetangga sebelah komplen karena bau kandang yaaa….
Kalo dah niat pengen ternak ayam adu minimal harus fokus, jenis dan tipe bagaimana yang ingin dihasilkan, baru nyari induknya. Tapi kalo dah dapat induk yang belum tahu tipenya ya gak apa-apa juga, asal tahu sisilahnya, tahu pola maen saudaranya, kakak-kakaknya,pokoknya sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan si induk tadi harus diketahui. Setelah breeding harus dilihat lagi hasilnya, tipe anak-anaknya bagaimana, yang kurang apanya, mesti cross lagi, atau bisa di-inbreed. Mana yang mesti disimpan,  mana yang bisa dijual, mana yang bisa di goreng, juga harus bener memilahnya. Jangan sampai kebalik-balik, bisa kacau nantinya. Kuncinya jadi peternak harus sannnngggggaaaaaaaaatttttt sabar, kalau tidak sabar bisa-bisa anda bakar kandang seisinya, saking jengkel dan stress akibat investasi yang ditanam lumayan besar tapi hasilnya hanya ayam goreng, bisa jadi loohhh…. Mending pelihara ayam kampung aja, berat sekilo dah bisa dijual ya nggak??
Sebenarnya coretan ini saya tujukan untuk diri saya sendiri agar saya tetap fokus, tidak melenceng dari tujuan awal saya. Juga saya harus sangat sabar karena untuk maku pring jadi kurungan harus nunggu libur, belum lagi kalo nanti sudah libur eh…ibunya anak-anak punya acara, mau gak mau gantian saya yang momong anak, tunda lagiiiiii……..
Ini mau nyicil bikin satu blok saja dah lebih dari sebulan belum kelar juga, libur lebaran kemaren juga gak bisa full ngerjain, padahal masih banyak nih yang mesti dipaku.
Bangun pagi, kasih makan ayam, kerja, pulang sore, ngecek ayam, nyicil maku, magrib berhenti, makan, momong anak bentar, tidur, bangun pagi, kasih makan ayam, kerja, pulang sore, ngecek ayam, nyicil maku, magrib berhenti, …………………………………………………
................................................................................................................................................................
Bismillahhirrokhmanirrokhiim

Tidak ada komentar: