Mengenai Saya

WA: 082124760048

Selasa, 01 Januari 2013

Mengapa Memelihara Ayam ?

Kegemaran memelihara hewan mungkin turun dari almarhum bapak. Beliau memang orang berasal desa kecil di balik bukit di dekat Pemandian Clereng, Kulonprogo, Yogyakarta. Burung, ikan, unggas, dan tanaman  menjadi sahabat bapak ketika beliau masih hidup. Akhirnya putra-putri beliau pun menyukai hewan dan tanaman. Saya & 2 kakak saya semua memelihara ayam, mereka juga memelihara burung kicauan. Kakak perempuan saya alumni Fakultas Pertanian & sekarang bekerja di Dinas Pertanian Yogyakarta.
Bagi saya pribadi memelihara hewan bukan sekedar mempunyai sebuah obyek benda tetapi melatih diri untuk bertanggungjawab dengan apa yang telah kita mulai, berlatih menguasai emosi, berlatih penerapan manajemen dan berlatih mengatur strategi.
Saat ini memang Kandang Abang belum berdiri sendiri, lokasi masih berbagi di rumah orang tua kami. Namun saya mempunyai harapan 3 atau 4 bulan lagi Kandang Abang akan menempati lokasi baru. Calon lokasi Kandang Abang sudah ada namun masih menjadi tempat tumbuh serumpun pohon pisang. Selain itu masih banyak hal yang lebih penting yang harus diurus daripada mendirikan sebuah kandang ayam.
Kenapa memelihara ayam adu? Bukan ayam konsumsi? Atau ayam hias?
Secara pribadi saya suka melihat ayam yang berpostur tegap dan gagah, saya dulu juga pernah memelihara ayam adu sekian tahun yang lalu namun kualitas induknya tidaklah seperti yang sekarang sehingga keturunannya lebih banyak dijadikan konsumsi. Awal bulan Juni yang lalu saya berhasil memperoleh indukan yang berkualitas cukup baik dan berniat untuk mengembangbiakkannya. Semoga apa yang saya harapkan, inginkan, dan akan lakukan dimudahkan jalannya oleh Yang Maha Kuasa, amiin ya robbal 'alamiin....

Tidak ada komentar: